Rabu, 30 Desember 2009

detikcom : Gambar Celana Dalam Umar Farouk Dirilis Media AS



Washington - Presiden AS Barack Obama telah memerintahkan untuk mencari tahu bagaimana Umar Farouk Abdulmutallab yang membawa bahan peledak bisa naik ke pesawat. Pelaku percobaan peledakaan pesawat Northwest Airlines itu menyembunyikan bahan peledak di celana dalamnya.

Untuk pertama kalinya gambar celana dalam Umar Farouk dirilis ke publik. Dalam foto yang dirilis media Amerika, ABC seperti dilansir harian Sydney Morning Herald, Rabu (30/12/2009), celana pria Nigeria itu terlihat dalam keadaan terkoyak dan sedikit hangus terbakar.

Umar Farouk menyembunyikan bahan peledak berkekuatan besar yang disebut PETN tersebut, dengan menjahitkannya ke celana dalamnya. Di dalam pesawat, pria berusia 23 tahun itu telah mencoba meledakkannya namun tidak berhasil.

Bahan peledak itu hanya menimbulkan sedikit kobaran api yang menyebabkan Umar Farouk terluka. Menurut CNN, jika berhasil meledak, bom tersebut bisa menghancurkan seluruh badan pesawat.

Kepada penyidik, Umar Farouk kabarnya mengaku bahwa dirinya telah dilatih untuk misi peledakan itu oleh perakit bom Al Qaeda di Yaman.

Menyusul insiden percobaan peledakan pesawat Northwest Airlines, pemerintah Yaman mengingatkan bahwa ratusan militan Al Qaeda lainnya diyakini beroperasi di negeri itu. Mereka kemungkinan tengah merencanakan serangan serupa. Untuk itu pemerintah Yaman meminta agar pemerintah AS dan Uni Eropa memberikan bantuan lebih besar dalam upaya penangkapan para militan tersebut.
(ita/iy)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar