Selasa, 13 Desember 2011

Cara membuat mobile blog tanpa tool

Bukan hal baru lagi kalau sekarang para pengguna internet lebih menyukai membuka website/situs melalui perangkat mobile/handphone. Selain simple karna bisa diakses kapan & dimana saja selagi masih dijangkau layanan GPRS provider-provider juga loading browsing yang lebih hemat ketimbang tampilan desktop/pc. karena data yang didownload saat browsing lebih sedikit yang tentu saja menghemat pulsa anda.
Untuk itu kita sebagai blogger harus pintar mensiasati hal tersebut. Sangatlah tidak menyenangkan apabila ketika seseorang mengakses blog kita melalui handphone, tampilan blog kita terlihat acak-acakan dikarenakan template blog yang memang didesign hanya untuk pengguna PC.

Banyak cara untuk mengubah tampilan blog pc menjadi blog mobile. Ada beberapa tools yang bisa mengkonversi blog normal menjadi mobile blog. Ada yang gratis dan pasti juga ada yang berbayar. Untuk tools yang gratis seperti

http://mobify.me/
http://www.wirenode.com/
http://www.onbile.com/
http://mippin.com/

Tapi sayangnya dengan menggunakan tools ini domain blog anda harus berubah sesuai dengan jasa web tools anda tadi, semisalkan domain blog saya ini http://dav-ld.blogspot.com harus berubah menjadi http://mippin.com/davi-ld (sesuai dengan id yang anda register diweb tersebut). Sunnguh tidak menyenangkan ya?

Nah... banyak dari kita tidak sempat mengeksplore control panel blog kita, padahal blogspot mempunyai fitur untuk mengubah tampilan blog kita menjadi mobile blog. Yang paling kerennya kita tidak harus merubah domain blog. Template blog akan menyesuaikan sendiri dimana kita sedangkan menggunakan pc atau handphone.

Berikut saya perlihatkan langkah-langkahnya

1. Sign in ke account blog anda http://blogger.com, setelah itu pada dashboard klik settings



2. Pada panel Setting klik Email & Mobile,



pada mobile template ini :
Show mobile template ---> centang : Yes. Show mobile template on mobile devices.
Selanjutnya : Choose mobile template, pilih template mobile yang sesuai dengan selera anda, disitu ada pilihan : default, simple, awesome inc, ethereal, picture windows, travel, watermark atau costum. Klik preview bila anda ingin melihat tampilannya. Setelah anda merasa cocok dengan tampilan template pilihan anda, tinggal klik save settings. Selesai!

Demikianlah... Sangat simple bukan, tanpa registrasi tanpa mengubah domain blog anda, hanya menggunakan fitur settings yang sudah tersedia pada blog anda :))

Selamat nge-blog!!!

1 komentar: