Rabu, 14 Desember 2011

"jebakan batman" registrasi layanan blackberry ala Telkoms*l

Saat ini sedang rame-ramenya kasus penyedotan pulsa oleh contents yang disediakan oleh provider-provider. Sangat meresahkan memang, saya sendiri kadang-kadang merasa kaget baru isi ulang pula sore taunya pas bangun pagi pulsa tinggal Rp. 50. Tapi saya positif thinking saja, mungkin memang ada suster ngesot yang minjem hape saya buat nelpon pacarnya sipocong ketika saya lagi tidur, bisa saja.. apa sih yang tidak mungkin di Indonesia tercinta ini Fiktif bisa saja menjadi Fakta ;)

Trus apa hubungannya dengan jebakan batman diatas? judul realita show yg disponsori telkoms*l terbaru?. iya..iya... langsung aja nih saya kasih tau kronologis (halaahh bahasa gw <-- gw? maaf bawaan orok mau formal padahal alay sejati :p ), setelah kalian menyimak, memperhatikan dengan seksama dalam tempo 3/4 ketukan haiaaahh, kalian bisa menyimpulkan apa yang saya sebutkan dengan "jebakan batman" ini :

Okehhh... Hari ini saya iseng meregistrasi layanan blackberry unlimited, padahal pulsa saya hanya sisa Rp. 2000an. melas banget sih.. :'( , padahal untuk meregristrasi layanan unlimited ini harus minimal Rp. 100.000 (aktual Rp. 99.000/bulan). Namanya juga iseng, ntar selesai langkah-langkah registrasinya bakalan direject juga karena pulsa kurang.

Dan ini dia screenshoot dari langkah-langkah registrasi tersebut :

1. Dial number *363#



2. Kemudian keluar menu pop up seperti ini



3. Dan saya tekan 3 untuk layanan blackberry



4. Karena saya ingin layanan blackberry paket unlimited maka saya tekan 2, dan selanjutnya pop up ini :



memilih 3 untuk layanan bb unlimited bulanan

5. Selanjutnya kita akan disuguhkan kata-kata mutiara ini :



6. Dan selanjutnya :



7. Dan penutup... ucapan terima kasih yang menyentuh hati, saya saranin si provider ini tambahan dengan pantun supaya selaras dengan hobby menkominfo kita yang tercinta ;)




btw....... ini kok jadi kayak toturial ya? hehehee... OK sekarang kita fokus ke step 5/ image 5, perhatikan tulisan pada step ini :

Rp90rb/Bln1,Rp99rb/bln dst(tdk utk streaming,roaming intl&modem),diperpanjang otomatis?
1. Ya
9. Menu Sebelumnya
0. Menu Utama


Lihat Opsinya.. hanya ada kata YA , tidak ada opsi lain selain itu. Disinilah yang saya maksudkan dengan "jebakan batman" nya. Kita diharuskan untuk memilih "YA" sehingga dengan demikian kita terpaksa menyetujui untuk memperpanjang otomatis tiap jatuh tempo berlangganan layanan ini yang tentu saja otomatis juga memotong pulsa kita sesuai dengan paket yang kita pilih. Kenapa saya katakan terpaksa? karena tidak ada opsi selain menyetujui, sebab apabila kita tidak memilih "YA" berarti step registrasi kita dinyatakan batal (registrasi tidak selesai). Seharusnya kita diberikan opsi "TIDAK" tetapi terus melanjutkan proses registrasi tersebut. Atau tidak ada pertanyaan : "diperpanjang otomatis", cukup dengan pertanyaan misalkan : "anda yakin menggunakan layanan ini, pulsa anda akan terpotong Rp.99.000/bln ?" .

Demikian langkah-langkah registrasi layanan bb ala telkoms*l yang menurut saya sangat merugikan konsumen, menjebak dan menyesatkan. Mudah-mudah provider yang saya maksudkan ini merasa dan membenah diri, cukup sudah pembodohan konsumen seperti ini, karena kami tidak bodoh kami hanya terjebak oleh system. Salam Olahraga #ehh :)

1 komentar:

  1. ini juga terjadi pada semua registrasi layanan bb, baik itu lifestyle, push mail (harian, minggun dan bulanan)

    BalasHapus