Kamis, 15 Desember 2011

Membuat status twitter/ facebook via iPhone, Blackberry atau Android tanpa membeli gadgetnya

wokeehh... emang manusia jadi lebih kreatif disaat sedang kepepet, pengen gaya punya status twitter/ facebook via iPhone/ Blackberry tapi ngga kuat beli gadget. Trus gimana dong? Tenang lu masih bisa bergaya sok-sokkan bikin status kayak gitu tanpa harus punya/beli. Caranya omm?..| wani piro? hehee... bcanda deng.. lah tujuan ini emang mengulas bagaimana mensiasati hal tersebut, langsung kepangkalnya ya...


1. Langsung click url ini :

http://dev.statusvia.net

kalau belum punya account silahkan register dulu, kalau sudah tinggal ikuti langkah-langkahnya seperti konfirmasi account lu di inbox email lu, selesai tetek bengeknya, tinggal login, masukin username sama password lu yang barusan diregistrasi :



2. Setelah masuk, kamu pilih mau bikin aplikasi untuk membuat status buat facebook atau twitter? berhubung mainan gw sekarang twitter toturial ini gw bikin aplikasi membuat status untuk twitter, jadi gw klik : Create Twitter Apps



3. Selanjutkan akan terpampang page dengan tulisan seperti gambar dibawah ini :



Klik "link ini" (tulisan yang gw lingkar merah), jangan diklik button next dulu. Tulisan "link ini" yang kita klik itu membawa ke url http://dev.twitter.com/ , nanti akan terbura di tab baru browser lu, Sebaiknya kalian login account twitter kalian dulu agar tidak perlu login lagi di page twitter developers ini (proses authenticate). Tapi bila belum login account twitter kalian, kalian bisa sign in di page ini. Buttonnya ada di pojok kanan atas. Sudah log in? Tunggu sampai page terbuka sempurna seperti gambar dibawah ini :



kemudian klik : Create an app (yang gw lingkar merah pada gambar diatas)

4. Isi semua deskripsi yang dibutuhkan untuk nanti dimasukkan di statusvia.net




Pada Name : isi dengan nama aplikasi via apa yang kamu inginkan misalnya sekarang gw mau bikin : Twitter for Android, jadi saya tuliskan Twitter for Android, nah pada penulisan nama aplikasi ini memang agak unik, masalahnya kata "twitter" serta nama brand-brand gadget seperti blackberry, iPhone atau Android/ Nokia diharamkan, nah bagaimana agar barang haram ini bisa dihalalkan serta dapat sertifikat MUI? begindang caranya bo yee.., pake character map. Kalau pake windows 7 ada di : Start ---> All Programs ---> Accessories ---> System Tools ---> Character Map atau lewat run ketik charmap, enter! pilih font Calibri, disitu banyak persamaan dari abjad normal sebagai pengganti (unicode). Semisalnya lu mau membuat aplikasi Twitter for iPhone, lu bisa ganti huruf T, i atau e menggunakan font Calibri ini, tidak perlu semuanya. dengan menggantikan font tersebut kita bisa membuat nama yang dihalalkan untuk dibuat :). Beres untuk penamaan selanjutnya pada Description, tulis terserah kamu untuk mendeskripsikan aplikasi kamu, selanjutnya Website isi link untuk mengunduh aplikasi aslinya misalkan gw bikin aplikasi Twitter for Android maka websitenya adalah http://twitter.com/download/android, cara ini agar user twitter lain tidak curiga dengan saat mereka mengklik twit/status kita pada tulisan Twitter for Android dan membawa mereka ke link untuk mendownload aplikasi twitter untuk android yang asli, Persis sama dengan aslinya :). Terus pada Callback URL silahkan isi sembarang dulu, karena nanti akan ganti pada step yang lain, kalau gw isi dengan : https://dev.twitter.com/apps/new. Pada Developer Rules of the Road centang : Yes, I agree, isikan captcha dan Klik Create your Twitter application.

5. Selanjutnya akan terpampang page seperti gambar dibawah ini :



Copy kan Code Consumer key dan Consumer secret ke notepad, code ini akan digunakan untuk step Selanjutnya. Biarkan page terbuka jangan diclose, kita beralih ke page sebelumnya di url --> http://dev.statusvia.net/twitteradd.php, kemudian klik next :



6. Pada page ini masukkan data-data aplikasi yang tadi kita buat, Application Name, COnsumer Key dan Consumer Secret. Paste kan saja dikolomnya masing-masing, Isi Verification Code dan Submit, Seperti gambar dibawah ini :



Bila berjalan lancar akan muncul page ini :



Copykan Link Aplikasi lu yang ada pada kolom "link aplikasimu", Kembali ke tab sebelumnya (Twitter developers), Klik Setting lalu pada Application Type centang : Read, Write and Access direct messages, pada Callback URL yang kita isi URL sembarang tadi paste kan link aplikasi yang sudah dicopy di statusvia tadi.Save!



Kembali lagi ke tab/page statusvia dan klik next, nanti akan keluar page ini, klik done :



Kita akan dibawa ke List aplikasi kita yang sudah dibuat seperti digambar :



klik Update status!

lalu page ini :



klik Sign in with twitter (proses authentic).

klik Authorize app, tunggu sampai proses authentification selesai dan me-redirect ke aplikasi yang kita buat.



Sekarang tinggal kita coba meng-update status/twit dengan aplikasi ini. Dan walaaaaa.... berhasil coyyy.... :))))



Nah.. selain Twitter for Android
ada juga aplikasi yang gw buat via :
Twitter for iPad
Twitter for Mac
via Instagram

Selamat bernarsis ria... :)))

1 komentar:

  1. Ko gue coba sign in via Twitter for Android gak bisa ya gan ? Selalu error

    BalasHapus